Ternyata, Gambar Kualitas Rendah Pengaruhi Website Anda

Gambar dengan Kualitas Rendah

Koenzi – Berdasarkan pengalaman, sering sekali kami mendapati website yang menampilkan gambar atau foto yang gambarnya tidak jelas, buram, tidak fokus, pecah, atau ukurannya terlalu kecil tapi dipaksa ditarik menjadi besar, atau ukurannya yang tidak proporsional antara lebar dan tingginya, terlalu gelap, terlalu terang, dan lain-lain. Bahkan sepertinya mungkin foto-foto tersebut diambil menggunakan kamera handphone sehingga hasilnya juga berkualitas rendah.

Problem utamanya mungkin bukan pada kamera handphone atau menggunakan kamera khusus seperti SLR, tetapi pada kualitas foto yang dihasilkan. Mungkin pada saat ini, handphone yang dilengkapi dengan kamera resolusi yang tinggi sudah banyak ditemukan, sehingga dapat mengambil gambar dengan kualitas yang lebih baik. Selain kamera, beberapa faktor pendukung juga harus diperhatikan, seperti: pencahayaan dan sudut pengambilan gambar.

Pada intinya, website anda akan memamerkan produk atau jasa yang akan dilihat oleh calon pembeli atau pelanggan Anda. Jadi, sudah selayaknya penyajian gambar pada website harus memiliki kualitas yang terbaik. Gambar yang berkualitas terbaik ini bukan berarti harus beresolusi 5 megapixel atau lebih besar, tetapi gambar yang proposional dengan ukuran gambar yang telah ditentukan pada website anda. Misal pada kotak gambar di website berukuran 500 x 500 pixel maka sebaiknya gunakan gambar yang sesuai dengan ukuran tersebut. Karena apabila menggunakan dengan resolusi yang besar, selain memperlambat waktu load website juga tidak bagus dari faktor seo on page-nya.

Bayangkan, apabila Anda yang menjadi calon pelanggan. Pertama, Anda belum mengenal bisnis yang ditawarkan pada website tersebut. Kemudian Anda harus melihat gambar-gambar yang buram, gelap, kurang fokus dan tidak jelas. Bagaimana pendapat Anda? Ya, Anda akan langsung mengambil kesimpulan bahwa kredibilitas dan kualitas pelayanan website tersebut juga kurang baik. Atau setidaknya kalah bagus daripada website kompetitor lain yang mampu menampilkan gambar yang lebih baik dan menarik.

Hasil Riset dari University of Minnesota membuktikan bahwa tampilan yang dibantu oleh gambar yang baik dan berkualitas 43% lebih meyakinkan dibandingkan dengan gambar yang kurang baik. Inilah the Power of Visual.

Untuk itu sebaiknya Anda selalu memperhatikan setiap gambar yang ditampilkan di website Anda. Gunakan gambar yang berkualitas tinggi, tetapi tidak perlu terlalu besar ukurannya (kurang dari 2000 pixel) agar waktu loading website Anda tetap cepat. Kami jamin hal ini akan meningkatkan daya tarik website Anda, dan memperbesar peluang para pengunjung website Anda untuk melakukan social sharing, bahkan pada akhirnya akan meningkatkan nilai SEO website Anda.

 

By | 2017-05-17T23:23:55+00:00 November 21st, 2016|Categories: Blog|