Apa Itu Domain?

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Domain ditentukan oleh alamat IP. Semua perangkat yang berbagi dalam alamat IP bisa dikatakan berada dalam domain yang sama. Dalam teknologi database, domain mengacu pada deskripsi nilai atribut yang diperbolehkan. Deskripsi fisik adalah seperangkat nilai atribut yang dapat dimiliki, dan deskripsi semantik atau logis merupakan arti dari atribut tersebut.

Contoh domain seperti www.koenzi.com, www.blackboomedia.com, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda dapat mengenali domain menurut negara sesuai dengan jenis domain terakhir. Misalnya, co.id, com, co.jp, co.uk, dll. Di akhir domain ada perpanjangan unik untuk setiap negara seperti id untuk indonesia, cn untuk china, jp untuk jepang, vn untuk vietnam, dan lain sebagainya. Dan com, net, org, dll semua tersedia di dunia termasuk Amerika Serikat.

Sangat penting untuk memberi nama domain. Nama yang paling tepat dan mudah diingat harus digunakan, dengan mempertimbangkan nama perusahaan, nama produk, keterangan produk, dan konsumen. Misalnya, nama domainnya adalah www.hostsmb.com, untuk host yang berarti host dan smb yang berarti bisnis hosting usaha kecil. Ingat bahwa terdapat banyak informasi dari nama domain seperti ini. Ada juga domain yang harus dihindari, misalnya domain seperti cc, to. Karena sebagian besar digunakan untuk situs spam dan cabul. Selain itu, hindari kemiripan dengan merek-merek ternama yang telah dikenal banyak orang. Karena bukan hanya menjadi masalah pada merek dagang yang kontroversial, tapi juga bisa dianggap stigma (palsu, tiruan, dll).

By | 2017-11-25T13:26:50+00:00 November 24th, 2017|Categories: Blog|Tags: , , |