Koenzi – Ketika ingin mengakses website Anda, tiba-tiba muncul peringatan bahwa website tidak bisa diakses. Namun ketika anda mencoba membuka website lain, semuanya lancar-lancar saja. Pernahkah kejadian ini terjadi pada Anda, coba cermati beberapa faktor yang mungkin bisa jadi penyebabnya.

Terdapat 3 komponen yang terlibat dalam pengaksesan suatu website
Server –> Jaringan Internet –> User

Dari ketiga hal di atas, kita dapat mengidentifikasi sendiri apa yang menjadi penyebab masalah ini.

1. Server hosting memang sedang DOWN

Langkah termudah untuk dapat memastikan apakah hosting Anda sedang down atau tidak adalah dengan melakukan pengecekan melalui website websitedown.infocurrentlydown.com atau downforeveryoneorjustme.com. Tinggal Anda masukkan nama domain Anda. Jika hasilnya : “namadomainanda.tld is up!” itu artinya tidak ada masalah di server.

2. IP Address terblokir oleh salah satu HOP

Perjalanan akses mulai dari PC Anda menuju server melalui beberapa lintasan router yang disebut sebagai HOP. Jika IP Address anda ternyata diblokir oleh salah satu HOP/Router tersebut maka secara otomatis Anda tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju server.

Bagaimana caranya agar kita mengetahui dimana letak terputusnya koneksi Anda menuju ke server adalah dengan menggunakan perintah TRACE ROUTE.

Caranya yaitu (pada windows) :

  1. Start -> All programs -> Accesories -> Command Prompt
  2. Ketikkan : tracert namadomain

Misal : tracert koenzi.com

Setelah Anda menekan ENTER, maka akan muncul lintasan router. Jika ada yang request timed out (RTO), berarti ada hop yang bermasalah.

3. IP Anda terblokir oleh firewall server

Ini adalah kemungkinan yang paling sering terjadi pada hosting yang menggunakan firewall. Terutama yang menggunakan cPanel. IP Anda terblokir otomatis oleh server, beberapa faktor penyebabnya adalah:

  1. Akses yang terlalu tinggi sehingga server menganggapnya sebagai salah satu bentuk DDOS. Hal ini terjadi karena Anda menggunakan IP dinamis/shared yang digunakan oleh banyak orang.
  2. Login ke cPanel/FTP/Email dengan menggunakan username dan pasword salah lebih dari 5 kali. Minta ke admin hosting Anda untuk melepaskan IP Address koneksi Anda dari blacklist firewall.

Dari ketiga hal di atas, setidaknya Anda tidak perlu panik ketika mendapati website Anda tidak bisa diakses.