Koenzi – Anda ingin membuat website dengan menggunakan CMS dan HTML 5? Tersedia banyak pilihan CMS yang dapat Anda gunakan, seperti: Drupal, Joomla, WordPress, Silver Stripe, Frog CMS, Concrete5, dan lainnya.

Sebelum memulai Anda pastikan terlebih dahulu bahwa pilihan yang akan digunakan sudah kompatibel dengan HTML5 supaya semuanya dapat berjalan dengan lancar. Sebenarnya untuk memulai membuat website tidaklah harus dimulai dengan menggunakan CMS, kita bisa membuat CMS sendiri dari awal atau menggunakan framework jika terlalu sulit memulai dari awal.

Inilah Daftar CMS Website Terbaik dengan HTML5 di Tahun 2016

1. WordPress

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten gratis yang paling populer digunakan untuk blog dan website. Jika kita ingin CMS gratis dengan banyak plugin dan pilihan tema yang menggunakan HTML5, maka wordpress merupakan pilihan yang terbaik. WordPress memiliki jutaan pilihan plugin dan template secara gratis maupun berbayar. Banyak sekali tutorial yang membahas wordpress, dan juga tersedia forum aktif yang siap membantu sehingga menjadikan wordpress menjadi juara dalam daftar CMS website terbaik.

Jika anda ingin mencoba CMS wordpress ini secara offline atau di pc, silahkan kunjungi tutorial ” Cara Install WordPress Offline di Xampp Manual “.

Meskipun termasuk CMS yang memiliki pengguna terbesar, kelemahan dalam menggunakan CMS wordpress adalah jika website kita sudah tumbuh menjadi lebih besar dan memiliki banyak fitur, maka WordPress akan menggunakan banyak resource (pada dasarnya wordpress memang menggunakan resource yang cukup besar). Supaya WordPress berjalan dengan sangat efektif, maka kita harus menginstal banyak plugin dan usaha optimasi lainnya, belum lagi kebanyakan plugin yang premium itu pasti berbayar. Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi halaman website WordPress.

2. Concrete5

Concrete5 adalah sebuah sistem manajemen konten (CMS) dengan sistem pendukung yang baik karena merupakan open source dan sudah pasti bebas untuk menggunakan. Concrete5 memudahkan kita untuk membuat sebuah website standar, seperti situs review produk, dengan hanya mengikuti langkah-langkah sederhana dan bahkan tanpa coding. Cara kerjanya hampir sama dengan Impress page yang sama-sama menggunakan system drag and drop dalam membuat website.

Keuntungan menggunakan Concrete5 adalah memungkinkan kita untuk memiliki banyak subkategori. jika kita memiliki banyak foto dan perlu diatur dalam ke dalam banyak kategori dan bahkan sampai subkategori, maka Concrete5 merupakan pilihan yang baik. CMS ini mendukung HTML5, sehingga kita tidak akan memiliki masalah. Untuk melihat contoh hasil website yang menggunakan CMS ini, silahkan kunjugi halaman concrete5 showcase. Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi halaman website Concrete5.

3. Drupal

Drupal adalah sistem manajemen konten gratis yang lumayan populer. Hal pertama yang terpikirkan ketika mendengar nama drupal adalah tentang nyekrip atau ngoding. Memang benar dibutuhkan skill yang lebih jika kita ingin menggunakan CMS Drupal karena menyinggung banyak soal teknis disini dan tingkat kesulitan-nya melebihi wordpress dan joomla. Kita harus memahami tentang HTML, PHP dan beberapa program web lainnya. Jika anda ingin melatih membuat aplikasi web dengan html dan javascript, kunjungi artikel ” Cara Membuat Aplikasi Web Sederhana “.

Meskipun membutuhkan effort lebih, platform Drupal sangatlah powerfull dan fleksibel. Drupal dapat diatur untuk apa pun, sehingga sering dimanfaatkan dalam pembuatan blog sederhana untuk sebuah portal konten yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Jika dibandingkan dengan wordpress dan joomla, drupal memakai resource yang lebih kecil sehingga menjadi pilihan untuk situs web yang menjual banyak produk atau memiliki banyak konten dengan lalu lintas yang ramai. Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi halaman website Drupal.

4. Joomla

Joomla juga dibangun untuk menangani situs besar dan usaha kecil yang berkembang dengan memiliki banyak produk atau konten website. Joomla mendukung HTML5 dan membantu kita dalam membangun website dengan mudah.

CMS Joomla juga merupakan program perangkat lunak yang open source yang dapat di download dan gunakan secara bebas. Ada banyak dukungan yang tersedia dan memungkinkan kita untuk membangun aplikasi online. Joomla merupakan CMS yang populer dan banyak penggunanya.

Bisa dibilang jika joomla merupakan CMS tanggung karena lebih sulit penggunaan-nya dan dengan fitur yang lebih sedikit dibanding wordpress dan lebih banyak fitur-nya dan mudah digunakan dibanding drupal. Karena menjadi CMS tanggung sehingga banyak pengguna yang cinta dengan Joomla karena powerfull, namun mudah digunakan. Joomla telah dibuat dengan sangat baik, CMS ini menggabungkan keuntungan dari WordPress dan Drupal, dan juga menambahkan beberapa fitur sendiri sehingga menjadikan joomla menjadi juara kedua dalam daftar CMS website terbaik. Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi halaman website Joomla.

5. SilverStripe

SilverStripe adalah sistem manajemen konten gratis dan open source yang juga memiliki banyak dukungan yang tersedia di Internet. CMS SilverStripe telah digunakan untuk membangun website dan juga intranet. Sudah banyak website pemerintah yang telah dibangun menggunakan sistem ini. CMS ini beroperasi menggunakan php5 yang merupakan framework yang kuat, selain itu CMS ini secara penuh sudah didukung dengan HTML5. Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi halaman website SilverStripe.

 

 

Bagaimana Cara Memilih CMS Website Terbaik yang Sesuai Kebutuhan ?

Bagi kebanyakan orang yang baru memulai membuat blog atau web bisnis yang sederhana, maka CMS WordPress merupakan pilihan terbaik karena mempunyai pilihan template dan plugin gratis yang sangat banyak. Jika kita membutuhkan fitur yang lebih, kita bisa coba dengan membeli plugin atau tema yang premium. WordPress sangat populer, jadi tidak ada salahnya jika kita memulai membuat blog dari WordPress.

Jika kita ingin sesuatu yang lebih menantang dalam membuat web atau blog, maka kita mencoba menggunakan CMS Drupal. Pasa awalnya Drupal memang akan sangat merepotkan, tetapi jika kita sudah menguasai CMS ini maka segala keuntungan yang dimiliki drupal akan dimiliki oleh website kita. Sudah dibahas diatas jika drupal memiliki keuntungan di pemakaian resource yang mana akan sangat powerfull jika digunakan pada toko online yang memiliki beribu-ribu produk dan juga trafik yang meroket.

CMS Joomla juga merupakan pilihan yang baik untuk website yang memiliki banyak konten. CMS ini sangat populer dan memiliki banyak penghargaan. Joomla mudah untuk digunakan dalam mengatur berbagai konten dan tetap ringan ketika menangani konten yang sangat banyak. Seperti CMS lainnya, CMS ini juga mempunyai forum aktif.

Jangan lupa untuk memperhatikan masalah tampilan website agar lebih menarik, pelajari cara merubah tampilan website dengan mengunjungi artikel ” Cara Membuat Tampilan Blog / Website Menarik “. Agar lebih memudahkan ketika memilih CMS, cobalah untuk menggunakan daftar CMS website terbaik ini secara bersamaan, bisa memulai dengan menggunakan wordpress, joomla dan drupal agar kita bisa merasakan sendiri perbedaan-nya. (sumber: nyekrip.com)